IDENTITAS
MATA KULIAH
Topik : Penyakit Gestasional Diabetes Melitus
Hari/tanggal
: Jumat, 6 Juni 2014
Pukul : 10.30 – 11.00 WIT
Sasaran
: Ny. L
Tempat
: Ruang tamu rumah Ny. L
A. TUJUAN PENYULUHAN
1. Tujuan Intruksional Umum
Setelah
mengikuti penyuluhan kesehatan tentang penyakit Diabetes Melitus ini,
diharapkan Ny. L mampu mengetahui tentang penyakit Gestasional Diabetes
Melitus.
2. Tujuan Intruksional Khusus
Setelah
mengikuti perkuliahan ini, diharapkan Ny. L dapat:
a.
Menjelaskan
tentang definisi dari Gestasional Diabetes Melitus.
b. Menjelaskan penyebab Gestasional
Diabetes Melitus.
c.
Menjelaskan
tanda dan gejala Gestasional Diabetes Melitus.
d. Menjelaskan komplikasi dari Gestasional Diabetes
Militus
e.
Menjelaskan bagaimana cara mencegah komplikasi Gestasional Diabetes Melitus
B. METODE PENYULUHAN
1. Ceramah.
2. Diskusi / tanya jawab.
C. PENGORGANISASIAN PENYULUHAN
Pemateri : Jonris Samloy
Fasilitator : -
D. MEDIA PENYULUHAN
1. Leaflet.
E. STRATEGI PELAKSANAAN
Tahap
Kegiatan
|
Waktu
|
Aktivitas
Mahasiswa
|
Aktivitas
Pendengar
|
Alat / Media
|
Metode
|
Pendahuluan
|
5 menit
|
ü Pembukaan (salam)
ü Menjelaskan TIU, TIK materi pembelajaran.
|
ü Menjawab salam,
ü Mendengarkan dan memperhatikan
|
-
|
Ceramah
|
Penyajian
|
20 menit
|
ü Menjelaskan materi
|
ü Mendengarkan
ü Memperhatikan
ü Menjawab pertanyaan
ü Bertanya
|
Leaflet
|
Ceramah
Diskusi
|
Penutup
|
5 menit
|
ü Memberikan kesempatan bertanya kepada Nn. Anita
Soritan tentang materi yang kurang jelas.
ü Memberikan jawaban terhadap pertanyaan Tn. U
ü Menyampaikan ringkasan materi.
|
ü Mendengarkan
ü Memperhatikan
ü Bertanya
ü Menjawab pertanyaan
|
Leaflet
|
Ceramah,
Diskusi
|
Total
waktu
|
30 menit
|
F. SETTING TEMPAT
Duduk saling berhadapan.
G. EVALUASI
1. Prosedur Evaluasi
Klien menjawab pertanyaan
a. Apa pengertian GDM?
b. Jelaskan Macam dan Penyebab
GDM?
c. Sebutkan Tanda dan Gejala GDM?
d. Siapa saja yang beresiko terkena
GDM?
e. Apa saja Komplikasi GDM?
f. Bagaimana Pencegahan dan pengobatan
GDM?
g. Bagaimana pemberian gizi pada
penderita GDM
2. Kriteria Evaluasi
Evaluasi
struktur : - menyiapkan SAP
- menyiapkan materi dan media
- kontrak waktu dengan sasaran
- menyiapkan
tempat
- menyiapkan
pertanyaan
Evaluasi
proses :
a. Sasaran
memperhatikan
b. Aktif
bertanya
b. Menjawab
atau mengulang kembali
Evaluasi
hasil
Ø Pendkes
dikatakan berhasil apabila sasaran mampu menjawab ≥ 80% pertanyaan yang
diberikan.
Ø Pendkes
dikatakan cukup berhasil apabila sasaran mampu menjawab 50 – 80% pertanyaan
yang diberikan.
Ø Pendkes
dikatakan kurang berhasil apabila sasaran hanya mampu menjawab < 50%
pertanyaan yang diberikan.
3. Hasil Evaluasi
Klien mampu
menjawab pertanyaan antara 50%-80% dan pendkes dikatakan cukup berhasil.
Semangat Untuk belajar ya guys.
Semangat Untuk belajar ya guys.
No comments:
Post a Comment